BANDUNG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin memastikan persiapan akhir pemungutan suara di tingkat TPS untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 pada Rabu 14 Februari 2024.

Hal ini dilakukan dengan meninjau persiapan pelaksanaan pemilu di Bandung Raya, yaitu Kota Bandung dan Kota Cimahi, bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu Jabar, Selasa malam.

Peninjauan dan pemantauan persiapan Pemilu 2024 di wilayah Bandung Raya diawali dengan kunjungan ke TPS 48 Jl Raya Kembar Palem 2 di Desa Chinchin, Kecamatan Soreang dan TPS 14 di Desa Kopo, Kecamatan Kutawaringin.

Tim kemudian bergerak ke Kota Chimahi, yaitu Kecamatan Chimahi Tengah TPS 29 Kelurahan Baros, di mana mereka melakukan pengecekan pemusnahan surat suara yang berlebih atau tidak terpakai di wilayah Chimahi di gudang blog di Baros, Kota Chimahi.

"Seperti yang Anda ketahui, besok adalah hari pemungutan suara untuk pemilihan umum 2024. Peninjauan ini untuk mengecek kesiapan akhir di tiga TPS dan satu tempat pemusnahan surat suara, untuk TPS, kami melihat sudah sangat siap baik dari sisi DPT dan lainnya," ujar Bay usai peninjauan di Cimahi, Jawa Barat, pada hari Selasa.

Dalam peninjauan ke TPS itu sendiri, Bay mengatakan bahwa kelompoknya tidak hanya memastikan DPT, tetapi juga memperingatkan adanya kemungkinan kecurangan dengan menggunakan pemilih yang tidak dapat memilih, seperti mereka yang sudah meninggal dunia.

"Kami mengingatkan mereka akan beberapa hal yang perlu dihindari, seperti kecurangan. Kami menemukan bahwa DPT disiapkan untuk menarik bagaimana DPT yang sudah meninggal diperlakukan. Jadi kami meminimalisir penyimpangan seperti itu," kata Bay.

Selain itu, Bay juga ingin memastikan bahwa TPS-TPS telah dipersiapkan dan memiliki jarak pandang yang cukup untuk berjaga-jaga jika terjadi cuaca buruk, seperti hujan.

"Di daerah bencana seperti Sumedang dan Majalengka, kesiapsiagaan bencana mencakup opsi untuk menggunakan TPS keliling.

Diketahui bahwa pemilihan presiden diadakan pada tanggal 14 Februari 2024, dengan pemilihan legislatif untuk Republik Demokratik, Republik Demokratik Provinsi, Republik Demokratik Kota/Provinsi dan Republik Demokratik RI.

Bey sendiri diberitahu bahwa ia akan memberikan suara di Bandung dan tempat pemungutan suaranya diperkirakan di Jalan Cianjur, Bandung.

Surat suara yang dimusnahkan di Cimahi disaksikan oleh Bay Matumudin dan Folkopimda Jabar malam ini berisi rincian 378 lembar pemilihan presiden dan wakil presiden, 418 lembar DPR, 683 lembar DPD, 421 lembar DPD Provinsi dan 154 lembar DPD Kabupaten Kota.