Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, menyiagakan 1.870 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk membantu menjaga keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pemungutan suara dan hari pembukaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Penjabat Wali Kota Simahi, Dicky Salomi, menyatakan bahwa peran Linmas sangat penting sebagai garda terdepan dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama pemilihan umum.

"Kami telah menyiapkan 1.870 personil dari tiga kecamatan. Dengan kata lain, kami sudah menyiapkan semuanya dan mereka adalah ujung tombak di lapangan," kata Dickie di Simahi, Senin.

Dickie menegaskan bahwa anggota Linmouth siap menjaga keamanan dan ketertiban sejak dimulainya masa tenang hingga proses pemilihan berlangsung pada 14 Februari 2024.

"Saya jamin bahwa mereka siap siaga untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Ia juga berharap agar anggota LINMAS tetap fokus dalam menjalankan tugasnya karena mereka dapat menjadi faktor kunci dalam menjaga pemilu yang damai dan aman bagi seluruh warga Simahi.

"Gelar satuan ini setidaknya memberikan semangat dan antusiasme. Ditambah lagi, tentu saja, mereka akan siap saat bertugas, termasuk pengamanan selama tiga hari masa tenang ini."

Selain itu, Dickie juga meminta kepada seluruh anggota Linmouth untuk bekerja sama dengan Satpol PP dan Bawasul Chimahi Municipality untuk menertibkan seluruh alat peraga kampanye (APK) selama masa tenang demi menjaga kegiatan pemilu hingga hari pemungutan suara.

"Karena segala bentuk kampanye dilarang selama masa tenang ini, kami berharap anggota Linmouth dapat bergabung dengan Satpol PP untuk mengawasi dan membantu pencopotan APK.

Mengenai pemeliharaan kesehatan para penyelenggara pemilu, partai tersebut menyatakan bahwa mereka telah menginstruksikan semua Puskesmas untuk bersiaga selama 24 jam pada hari pemilihan.

"Kami telah menyiapkan semua puskesmas, termasuk untuk para lansia yang membutuhkan bantuan untuk pergi ke tempat pemungutan suara dan untuk pemeliharaan kesehatan para petugas kami di tempat pemungutan suara," kata Dickie."