SHANGHAI, (/PRNewswire) - Demonstrasi Modul Tempat Tidur Kerikil Reaktor Berpendingin Gas Suhu Tinggi Shidaowan (HTR-PM) dengan Shanghai Power Company sebagai salah satu vendor peralatan utama, mulai beroperasi secara komersial setelah menyelesaikan 168 jam pengujian untuk memastikan bahwa seluruh sistem menjalankan fungsi desainnya. Pencapaian ini juga menunjukkan bahwa Cina adalah pemimpin dalam inovasi nuklir. Hal ini sejalan dengan upaya Tiongkok untuk mengeksplorasi sumber energi yang aman, andal, dan berkelanjutan untuk mendorong beban karbon puncak dan tujuan netralitas karbon. HTGR, sebuah langkah dalam konversi tenaga nuklir, termal, mekanik, dan listrik untuk menghasilkan listrik, secara global disebut sebagai generasi keempat teknologi tenaga nuklir dan telah mendapatkan reputasi atas keamanan dan fleksibilitasnya. HTGR juga memiliki potensi besar dalam aplikasi komersial sebagai solusi energi alternatif untuk sumber energi berbahan bakar fosil.

Proyek Demonstrasi HTR-PM Shidaowan, yang dimulai pada tahun 2006 dan sedang dibangun pada tahun 2012, merupakan salah satu dari 16 proyek sains dan teknologi utama nasional. Proyek ini berkaitan dengan program eksplorasi bulan Tiongkok dan pengembangan sistem satelit navigasi Beidou. Shanghai Electric, salah satu pihak yang terlibat dalam proyek ini, memasok sejumlah komponen, termasuk bejana tekan reaktor, bagian dalam inti logam, mekanisme penggerak batang kendali, sistem penghentian, turbin, kipas helium primer, dan kompresor helium. Penyelesaian PLTN ini menandai akhir dari satu dekade upaya yang dipimpin oleh penyedia solusi energi terkemuka di Tiongkok, terutama dalam pengembangan solusi berdasarkan inovasinya sendiri seputar teknologi tenaga nuklir yang canggih. Selain itu, 93,4% dari peralatan yang digunakan dalam reaktor tersebut diproduksi oleh perusahaan-perusahaan Cina.

Bejana tekan reaktor yang dirancang khusus oleh Shanghai Electric untuk proyek ini berukuran lebih besar dan lebih kompleks dalam konstruksi dibandingkan produk pesaingnya, merevolusi industri dalam hal tinggi dan berat. Sementara itu, bagian dalam inti reaktor logam yang diproduksi untuk proyek ini merupakan bagian dalam inti reaktor logam berdinding tipis terbesar di dunia, sebuah pencapaian penting yang menutup kesenjangan di pasar Tiongkok. Shanghai Electric juga telah mengembangkan kipas helium primer bantalan elektromagnetik pertama di dunia dengan suhu tinggi, tekanan tinggi, dan output daya tinggi, berdasarkan pengalaman 20 tahun.

HTGR segera mengubah pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir di seluruh dunia melalui fitur keselamatan tertinggi mereka. HTGR memastikan keamanan reaktor bahkan jika seluruh sistem pendingin reaktor gagal. Dengan demikian, kebocoran inti PLTN atau bahan radioaktif dapat dicegah tanpa intervensi apa pun. Sebagai langkah maju yang penting dalam keselamatan pembangkit listrik tenaga nuklir Cina dan inovasi para insinyur nuklirnya, keberhasilan proyek ini akan meningkatkan kemampuan Cina untuk memimpin sektor tenaga nuklir global dan membuat terobosan dalam produksi listrik yang berkelanjutan dan aman.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat: .

Isu-isu terkait Hong Kong: 2727 OTC: SIELY Shanghai: 601727

18