Beijing - Pembangunan proyek sistem tenaga surya lepas pantai (PV) besar China secara resmi dimulai pada Senin (19/5) di Lianyungang, Provinsi Jiangsu, China timur (20/5), menurut laporan Science and Technology Daily.

Ini adalah proyek demonstrasi sistem tenaga surya 1 juta kw yang dibangun oleh China National Nuclear Power Corporation (CNNC), salah satu operator nuklir terbesar di China, yang mengintegrasikan tenaga surya dan sistem tenaga nuklir untuk menyediakan energi yang lebih bersih ke kota-kota sekitarnya sekaligus meminimalkan dampak buruk secara efektif.pada ekosistem laut.

Proyek tenaga surya akan mulai terhubung ke jaringan listrik pada tahun 2024/9 dan akan terhubung ke kapasitas penuh pada tahun 2025.

Selama masa operasi 25 tahun, rata-rata tahunanon-griddaya yang dihasilkan oleh pembangkit listrik ini adalah 2234 miliar kilowatt-jam (kWh), yang cukup untuk memenuhi produksi listrik domestik tahunan dan permintaan sekitar 230.000 orang.di negara berkembang sedang, menurut laporan berita.

Proyek tenaga surya akan menghemat sekitar 680.000 ton batu bara standar dan mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 1,77 juta ton per tahun.