Xian-Xiao Qiqing, seorang mahasiswa di Xian, ibu kota provinsi Shaanxi di barat laut China, sangat antusias untuk melakukan perjalanan ke Almaty, Kazakhstan, untuk merayakan kelulusannya bulan depan.

"Saya mencari informasi di dunia maya dan menemukan bahwa Almaty memiliki pemandangan alam yang unik dan suasana artistik yang indah. Berkat pengabaian visa dan penerbangan langsung, saya harus mengemasi tas saya dan pergi," katanya.

Pada tahun 2023, sekitar 217.000 turis China mengunjungi Kazakhstan, kata duta besar Kazakhstan untuk China Shakhrat Nuryshev bulan lalu. Duta besar menambahkan bahwa tahun ini menandai tahun pariwisata Kazakhstan di China dan lebih dari 35 kegiatan terkait akan diadakan di sejumlah kota seperti Beijing, Shanghai, dan Xian.

Peningkatan perjalanan lintas batas hanyalah salah satu aspek pendalaman hubungan China-Asia Tengah.

Setahun yang lalu, KTT (KTT) China-Asia Tengah pertama di Xian membentuk platform baru untuk keramahan yang baik dan kerja sama yang saling menguntungkan antara China dan 5 negara Asia Tengah: Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Selama 1 tahun terakhir, 6 negara telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan ekonomi lokal dengan memanfaatkan potensi transportasi dan infrastruktur serta menciptakan pendorong pertumbuhan baru seperti pertanian.