JAKARTA - Sepanjang hari Selasa (7/9), terdapat beberapa peristiwa terkait isu politik, mulai dari sinergi untuk menjaga Pemilu 2024, hingga kunjungan Kesan Pangarep ke Golkar. Rangkuman berita-berita politik tersebut dapat dilihat di bawah ini.

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama untuk bersinergi dalam rangka menyukseskan pemilu serentak 2024.
Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas Ketua KPU Mohammad Afifuddin dalam rapat koordinasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Wilayah Sumatera, yang dipantau secara daring dari Jakarta, Selasa.

2. Menag: Pansus Haji Dijamin Konstitusi

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yakut Cholil Khomas menyatakan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Pengawasan Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dijamin oleh konstitusi sehingga pihaknya pihaknya mengaku siap mengikuti proses tersebut. "Ya, kita akan ikuti saja. Itu proses yang dijamin oleh konstitusi. Kami akan mengikutinya," kata Menhan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, setelah didampingi oleh Presiden Joko Widodo dan menerima kunjungan Grand Syekh Ahmed Al Tayyeb dari Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Menko Polhukam Hadi Chajanto meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bersikap netral dalam Pemilu 2024. "KPU harus bekerja sesuai dengan mandat dan kewenangannya, bertindak netral dan jujur, serta menjamin hak pilih setiap warga negara," ujar Menko Polhukam dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera yang diselenggarakan pada hari Selasa.

4: Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU RI Mohammad Afifuddin mengingatkan anggota KPU, Bawasul dan DKPP untuk mengundurkan diri jika mencalonkan diri dalam Pilkada Serentak 2024. "Penyelenggara yang memang ingin menjadi kepala daerah di tengah proses harus mengundurkan diri paling lambat 45 hari sebelum pendaftaran calon," kata pria yang akrab disapa Afif itu dalam rapat koordinasi Pilkada Serentak 2024 di Sumatera yang dipantau Antara dari Jakarta, Selasa. Hal tersebut disampaikannya dalam sebuah rapat koordinasi untuk pelaksanaannya.

5. Ketua PSI: Kaesan akan kunjungi DPP Golkar hari Kamis

Jakarta - Ketua DPP Partai Golkar Airlanga Harut mengatakan Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesan Pangarep akan berkunjung ke DPP Partai Golkar hari Kamis (7/11). Terungkap. Airlangga tidak menyebutkan tujuan kunjungan Kaesang. Namun, informasi ini disampaikan Airlangga saat ditanya mengenai kemungkinan Golkar mengusung putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut pada Pemilu 2024.