Menu

Cimahi Kota Militer, Bakal Dibangun Patung Jendral Besar Sudirman Dekat Cimall

Redaksi | Rabu, 24 Agustus 2022 05:30 WIB | 470 kali
Cimahi Kota Militer, Bakal Dibangun Patung Jendral Besar Sudirman Dekat Cimall

Kuatnya identitas Cimahi sebagai Kota Militer sejak dulu hingga kini membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi berencana untuk membangun patung Jenderal Sudirman di Taman Segitiga Sriwijaya, Kelurahan Setiamanah, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

Di taman seluas 200 meter itu sebelumnya juga telah terpasang tank berjenis amx-13, sehingga dengan tambahan patung Jenderal Sudirman diharapkan dapat memperkuat identitas Kota Cimahi sebagai Kota Militer.

"Kita (Pemkot Cimahi) akan memasang patung Jenderal Sudirman di situ (Taman Segitiga Sriwijaya), tapi masih menunggu izin karena lahannya milik Kodam III Siliwangi," kata Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, Selasa (23/8/2022).

Dia menjelaskan, dengan adanya patung Jenderal Sudirman di Taman Segitiga Sriwijaya diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat, khususnya anak-anak, yang kerap berkumpul di lokasi tersebut.

"Rencana pemasangan di situ karena itu kan taman tempat berkumpul dan nongkrong warga Cimahi," ujar Ngatiyana.

Dengan begitu, Ngatiyana menambahkan, Taman Segitiga Sriwijaya nantinya bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat Cimahi. "Jadi sebagai sarana edukasi, ini (Jenderal Sudirman) pahlawan nasional yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia," pungkasnya.

Cimahi dijuluki sebagai Kota Militer atau Kota Tentara karena banyaknya pusat pendidikan militer yang berada di wilayahnya. Cimahi mulai dipilih sebagai markas militer sejak Belanda masih menduduki Indonesia. Pasukan militer Belanda memilih membangun sebuah pangkalan militer di Cimahi karena lokasinya dianggap strategis.

Selain dijadikan sebagai pangkalan militer, Cimahi juga dibangun sebagai gerbang pertahanan untuk melindungi Pangkalan Udara Militer di Andir, Bandung, Jawa Barat. 


Tags :


Yuk Bagikan :

Baca Juga


7 Rekomendasi Wisata di Pangandaran Libur Lebaran 2024

Lebaran sebentar lagiii, eits jangan sambil nyanyi ya bacanya. Yap libur lebaran tinggal menghitung hari, tak lengkap rasanya saat libur lebaran tidak berwisata bersama keluarga. Nah buat kalian yang punya agenda libur lebaran ke Pangandaran jangan skip artikel ini ya....
Jum'at, 05 April 2024 09:06 WIB

Wisata Pangandaran, Ramai Dikunjungi Wisatawan Pada Akhir Pekan Menjelang Libur Natal 2023.

Pada akhir pekan sebelum liburan Natal 2023, pantai Pangandaran dipenuhi oleh wisatawan domestik. myPangandaran melaporkan bahwa wisatawan mulai berdatangan tadi malam dan pagi ini. Memang, mencari akomodasi menjadi semakin sulit....
Sabtu, 23 Desember 2023 10:13 WIB

Adi Sumaryadi Libur Natal, Pantai Pangandaran Harus Bisa Tangkal Hoax Yang Biasa Bermunculan

Libur Natal dan Tahun Baru merupakan high season untuk kunjungan ke Pangandaran, apalagi ditambah dengan libur semester anak sekolah. Namun, momen ini sering dimanfaatkan oleh para penyebar hoax tentang pantai Pangandaran, entah itu hoax jika Pangandaran ditutup, ada bencana di Pangandaran atau hoax lainnya....
Selasa, 19 Desember 2023 09:31 WIB

10 Tips Memilih Hotel dan Penginapan Saat Liburan di Pantai Pangandaran

Pangandaran, destinasi pantai yang memukau di Jawa Barat, menawarkan keindahan alam yang memesona bagi para wisatawan yang mencari liburan yang menyegarkan. Saat merencanakan perjalanan ke Pantai Pangandaran, memilih hotel atau penginapan yang tepat menjadi faktor kunci dalam menikmati pengalaman liburan yang memuaskan...
Selasa, 12 Desember 2023 23:54 WIB